Curhat untuk pengguna Tol Jakarta Merak (dari Serang kerja di Jakarta)

4 01 2017

Tulisan ini saya buat atas keresahan saya yang mulai timbul beberapa bulan belakangan ini. Namun mungkin telah menjadi keresahan umum para pengguna moda transportasi darat Serang – Tangerang/Jakarta.

Pertama pak, kami ini yang di Serang yah, yang mesti berangkat pagi itu loh pak (kantornya jauh pakkkk 😭), sepanjang jalan dari tempat penitipan motor, baik yg deket PJR sampai yang dkt pintu masuk sari asih, kayaknya ga nyaman bgt loh pak. Ga nyamannya itu loh pak, kami kepanasan kalo siang, trus kebasahan kalo hujan. Apalagi pak, kalo kami markir sebelum belokkan arah tol tuh pak dari pintu gerbang sari asih. Itu ada genangan kalo ujan deres pak, dan kami mesti lewat situ pakk, kalo mau dapet “berdiri yang nyaman” di bis.

Kedua nih pak, masya Allah loh pak naik bis merah ama biru tujuan kalideres itu pak. Udah pernah nyoba? Renyes rasanya. Renyes apa yah artiya. Hahaha. Pokoknya nempel semua dah bahu ama bahu, lebih rapat dari solat jamaah. Hahaha, dan kadang-kadang kita jinjit loh pak, dan yang paling bikin deg deg ser nya itu, pas keneknya mau nutup pintu pas masuk pintu tol atau pas ngebuka pintu pas udah sampe tujuan. Deg deg an pak. Ngeri jatoh sih enggak, cmn ya masa iya kami jatuh gara2 bayar sepuluh ribu. Tapi saya cinta 2 bus tadi, ga ada itu, telat saya masuk kantor!

Ketiga nih pak, si Biru dan Merah itu, kalo pagi hari berangkatin ribuan buruh yang kerja di modern Cikande, tapi mereka sering menyebutnya dengan Gorda atau Tower. Coba deh bapak kali kali naik bis ini, kapan kapan saya ajak boleh pak? Itu kena tilang mulu pak. Itu yang berhenti di dua tempat itu, kalo ga buru-buru karena ga ada polantas, kalo ga nyantai menikmati proses penilangan. Maksut ku tuh gini pak, mbok ya dibuat halte khusus dalam tol di dukung oleh Jembatan penyebrangan orang, yang akhirnya buruh-buruh tadi, kalo nyebrang tol juga aman. Aku ga bisa kasih contoh nyatanya sih, mungkin bisa seperti konsep tol kebon jeruk, ada lajur khusus bus sehingga ga menggangu kendaraan lain yang sedang di tol. Yakin deh pak, mosok ditilang terus, 250 ribu kalo ga salah dendanya bukan? Masa iya tiap hari, pantes kenek bis nya ngoceh2 aja kalo dikasih kita dikit. Hehehe ūüėÄ

Keempat boleh pak? Bukan saran sih, tapi kenyataan di lapangan aja. Tol Jak Merak sangattttttt membantu, tapi mohon dipikirin segi keamanannya buat pengendara, ngeri loh lagi nyetir tiba2 ada orang nyebrang. Ya mohon aja pak, armada busnya untuk akses tangerang diperbanyak, di permurah, dan diperamah. Sedikit ide nih pak, mungkin gak LRT masuk ke Serang, nurutin jalur hijau sepanjang tol??

Oh ya, kapan kapan saya foto yah, tpi mana bisa foto foto kalo lagi jinjit! 😤

Wassalam

Iklan




Ngelaju – nglaju

2 08 2016

Mari kita menilik perbendaharaan kata satu ini, apa kah artinya ? Menurut aditya, artinya adalah proses urbanisasi seseorang setiap harinya kemudian kembali ke habitat tidurnya. Hampir 1 juta (mungkin) penduduk tangerang, bogor, karawang, depok, bekasi pada ngelaju ke Jakarta. Nah tapi beda dengan cerita gue.

Gue sekarang lagi berproses ngelaju/nglaju dari tangerang ke cilegon. Dari pamulang ke cilegon, itu jauh kali 100 km tiap hari, tapi kalo adu kecepatan waktu masih unggul gue dari kalian.

1. Gue masih bisa bangun jam 5, diteruskan solat subuh, kemudian selonjor 30 menit
2. Gue masih bisa berangkat jam 06:15 waktu indonesia bagian pamulang
3. Tebak gue sampe kantor jam berapa, jam 8 dong, heran? Padahal 100 km yah

Gini penjelasannya, gue bawa motor ke penitipan di daerah kebon nanas, ada beberapa penitipan sepanjang cikokol – kebon nanas, paling enak ituh deket indomaret kebon nanas, selain posisi terdepan dan kotornya juga ga banyak banyak amat, cepet ngambilnya. Kemudian ghe melanjutkan dengan bis. Ada yang tau bis MURNI / LAJU PRIMA. Mungkin kalo orang tangerang kota ngerti kali ya, jujur gue juga baru ngerti ini bis setelah kantor berpindah ke Cilegon. Itu bis mampu nganter gue ke Serang cuman dalam waktu 30 menit, tarifnya sekarang masih 10 ribu (untuk yang sering, anak baru jangan coba-coba, hahaha). Kisah tentang bis ini nanti akan gue bahas di bagian lain.

Jadi setelah dari Serang, gue akan ngelanjut ke Cilegon (bisa dengan bis apa aja yang ke arah Merak), kemudian dilanjut dengan OJEK. Semua ongkos cukup dengan 45 ribu pp. Menurut gue cukup worth it, coba elu bayangin yang kerja ke arah Jakarta. Ngongkos ke depan aja misal pake Ojek udh 20 ribu bolak balik ya kan. Bisa sama ongkos kita, hehe.

Ya beginilah nasib nglajuer, menjalani rutinitas demi si cinta, daripada ngekos ga ketemu si Cinta. Ya kan! Kebetulan si Cinta sedang hamil tua, jadi mohon doanya ya kawan kawan struggle, semoga dilancarkan dan dimudahkan persalinannya. Aamiin.





Jadwal Kereta Api Ekonomi di Jawa

12 08 2010

Sebagai sesama pengguna Kereta Api kelas Ekonomi, maka saya akan membeberkan beberapa jadwal dan tarif kereta kelas Ekonomi

*tiketnya ga jadi naik … jadi harga ini masih di pake

1. Logawa

Purwokerto 06.00  Р21.53 Jember  40.500

Jember 05.00 Р19.30 Purwokerto  40.500

Purwokerto 06.00 Р09.30 Jogja Lempuyangan  20.500

Jogja Lempuyangan 15.30 Р19.30 Purwokerto  20.500

Purwokerto 06.00 Р16.10 Surabaya Gubeng  30.500

Surabaya Gubeng 10.00 Р19.30 Purwokerto  30.500

2. Gaya Baru Malem

Jakarta Kota 12.00 Р05.00 Surabaya Semut  37.000

Surabaya Semut 13.30 – 07.30 Jakarta 37.000

Jakarta Kota 12.00 – 19.30 Purwokerto 28.000

Purwokerto 24.00 – 07.30 Jakarta Kota 28.000

Surabaya Semut 13.30 – 20.30 Jogja lempuyangan 27.000

Surabaya Semut 13.30 – 24.00 Purwokerto 27.000

3. Malabar Express

Bandung 15.30 – 08.11 Malang 80.000

Malang 15.30 – 08.37 Bandung 80.000

4. Penataran

Surabaya Gubeng 15.10 , 18.25 – 17.50 , 21.05 – Malang 4.500

Malang 04.25 , 07.07 , 10.00 , 12.31 , 15.05 , 18.46 – Sby Gubeng 4.500

Malang 04.30 , 07.22 , 10.09 , 12.58 , 18.47 РBlitar, Kediri, Kertosono,           Jombang

5.  Tawang Alun

Malang 14.10 – 21.47 Banyuwangi

Banyuwangi 05.00 – 12.42 Malang

6.  Progo

Jogja Lempuyangan 17.00- 02.00 Jakarta Senen 34.000

Purwokerto 20.30 – 02.00 Jakarta Senen 28.000

7. Pasundan

Surabaya Gubeng 06.00 – 22.18 Kiara Condong Bandung 34.000

Kiara Condong Bandung 06.15 – 22.48 Surabaya Gubeng 34.000

Kiara Condong Bandung 06.15 – 10.12 Banjar 20.500

Surabaya Gubeng 06.00 – 17.40 Banjar 28.000

Surabaya Gubeng 06.00 – 14.38 Gombong 28.000

Kiara Condong Bandung 06.15 – 13.23 Gombong 28.000

8. Serayu

Kroya 07.30 – 17.00 Kiara Condong Bandung 28.000

9. Kahuripan

Kiara Condong Bandung 17.30 Р02.00 Gombong  28.000

10. Sri Tanjung

Jogja Lempuyangan 07.30 – 22.22 Banyuwangi 38.000

Banyuwangi 07.15 – 22.16 Jogjakarta 38.000

segitu dulu nanti di update lagi

11. Jadwal PRAMEKS






PUNCAK DEWA MAHAMERU 3676 MDPL

9 08 2010

yang mencintai udara jernih
yang mencintai terbang burung-burung
yang mencintai keleluasaan dan kebebasan
yang mencintai bumi
mereka mendaki ke puncak gunung-gunung
mereka tengadah & berkata, kesanalah Soe hok Gie dan Idhan Lubis pergi
kembali ke pangkuan bintang-bintang
sementara bunga-bunga negeri ini tersebar sekali lagi
sementara sapu tangan menahan tangis
sementara desemeber menabur gerimis
24 Desember 1969
Sanento Yuliman

dari langit mahameru

merah putih itu

In Memoriam Gie

Topo Semeru

Puncak abadi para dewa, begitulah menurut Dewa 19, dan nyanyian kesunyian itu tak ada artinya ketika semua nya menyaksikan pesona alam damai penuh gegap gempita, di sana, di PUNCAK JAWA ! Dipenuhi kabut tipis, dan selaras angin yang mempesona, begitu pula dengan bintang dan bulan sabit yang menyapa kami dengan keanggunannya, membuat perjalanan malam ini menjadi lebih bersemangat.

Berikut adalah daftar tim pendakian Gn. Semeru 3676 mdpl yang diikuti oleh berbagai latar organisasi yang antara lain : MOONPALA SMAN 2 Tangerang Selatan, Univ. Moestopo, Univ. Tirtayasa,  dan Univ. Atmajaya.

MOONPALA SMAN 2 Tangerang Selatan

  1. babab
  2. tujo
  3. tumun
  4. gonek
  5. mulet
  6. cugo
  7. gembul
  8. dogol
  9. topeng
  10. pusol
  11. salat
  12. ambon
  13. guling
  14. makelar
  15. obeng
  16. lapindo
  17. ratu
  18. telot
  19. bagunung
  20. dago
  21. seceng

Tim Tam

  1. Adit (Girigahana UPN Jakarta)
  2. Afif (Neppala SMAN 4 Tangerang Selatan)
  3. Lucky (Neppala SMAN 4 Tangerang Selatan)
  4. Lingga (Unosed)

Univ. Moestopo

  1. Adoy
  2. Tedo
  3. Anti
  4. Rani
  5. Petra

Univ. Tirtayasa

  1. Lay
  2. Binong
  3. Gonda

Univ. Atmajaya

  1. Erik
  2. dll (kurang lebih 4 orang)

Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Posisi gunung ini terletak diantara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8¬į06′ LS dan 120¬į55′ BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang. (wikipedia)

Dengan segenap keikhlasan dan kesabaran akhirnya kami sanggup untuk melakukan perjalanan ini, berikut adalah Time Log (Train Log, dan Semeru Log).

Pada Train log ini, dibagi menjadi dua tim. Tim pertama dari Purwokerto – Surabaya – Malang. Tim kedua dari Jakarta – Malang.

TRAIN LOG
Senin, 2 Agustus 2010
Tim Pertama (cugo, babab, lingga, petra)

Purwokerto – Surabaya KA Logawa Rp. 30.500

06.00-09.00 Logawa sampai Jogjakarta
09.00-09.30 babab dan petra bergabung
09.30-11.15 Solo Jebres
11.15-11.46 Sragen
11.46-13.00 Madiun

Minum Es Dawet, takut ketinggalan kereta, lari-lari deh . mana jauh banget tukang es dawetnya lagi . es dawet Rp 2.000

13.00-14.23 Nganjuk
14.23-14.44 Kertosono
14.44-15.02 Jombang
15.02-15.36 Mojokerto
15.36-16.28 Wonokromo
16.28-16.39 Surabaya Gubeng

langsung ambil posisi ke jalur 1, untuk melanjutkan ke malang. Kami ber 4 berlarian ke arah penjualan tiket, menanyakan dan membeli tiket Penataran ke arah Malang. Dahaga mencekam coi ! Untung saja, PT. KAI memberi emudaha, kereta dengan waktu tercepat sampai ke malang, TELAT, dan kami akhirnya menggunakan jasanya tersebut

Surabaya – Malang KA Penataran Rp 4.500

17.19-17.25 Wonokromo
17.25-17.34 Waru
14.34-17.51 Sidoarjo
17.51-17.59 Tanggul Angin
17.59-18.12 Porong
18.12-18.24 Bangil

ini adalah pertigaan, ke selatan menuju Malang, ke Utara menuju Jember dan Banyuwangi

18.24-19.01 Lawang
19.01-19.13 Singosari
19.13-19.24 Belimbing

Stay, tanya angkot menuju kosan Albert (unibraw / temen lingga)

19.30 Angkot ADL hingga pertigaan jalan borobudur Rp 1.500
19.45-19.57 Angkot ABG menuju Jl. Kalpataru Rp 2.500

Stay, belanja untuk melengkapi logistik di Indomaret Kalpataru , menghilangkan dahaga, tapi ada masalah, perut laper coi !

20.12-20.18 Sampai kosan Albert, disambut Fermentasi Pisang (danco)
20.18-… Relax, menghilangkan Asap Rel Kereta, tidur

Tim Kedua (kecuali kami berempat) melakukan perjalanan dengan kereta api Matarmaja Rp 40.000, Tujo menyusul dari Stasiun Prujakan, di Solo Jebres, bertambah 4 orang , kawan-kawan dari tim Univ. Atmajaya.

MALANG LOG
Selasa, 3 Agustus 2010
04.30-05.00 Bangun, Sholat (berlaku untuk babab)
05.00-08.00 mandi, packing, ngopi, waste time
08.00-08.30 Menuju pertigaan jalan kalpataru
08.30-08.50 Angkot ABG Rp. 2.500 menuju Stasiun kota baru malang
08.50-09.05 Stay , drop Cariel, Cari makan, Lingga ke ATM
09.15 Tim Kedua dari Jakarta datang, bau asap rel dan body kereta api sangat melekat pada mereka, manusia bercariel lebih tepatnya !

Sampai disini, Time Log akan digabung dalam satu tim, dan memasuki Log Semeru

SEMERU LOG
09.15-10.30 Makan, menghilangkan Asap rel kereta api, tawar menawar angkot. Sempat terjadi kericuhan kecil antar sesama penawar jasa kepada kami, akhirnya dengan semangat dan keikhlasan yang kuat kami berjalan dahulu untuk menjauhi kericuhan semakin tinggi.
10.30-11.09 Packing Carier ke Mobil

11.09-11.33 Perjalanan menuju Desa Tumpang Rp 8.000
11.33-12.20 Waste Time, sempat terjadi angkot carteran yang ditumpangi Tujo mogok, tawar menawar Jeep dan Truck untuk menuju Ranu Pane, sampai di rumah pak laman (pengendara Truck)
12.20-13.00 babab dan ratu ke pasar, beli logistik hasil patungan yang dikoordinir oleh Dogol.
13.00-14.20 registrasi TNBTS oleh Tujo dan Gonek. Rp 10.000
14.20-15.00 Packing Carier ke Jeep. Rp 34.000

ini semua pindah ke jeep

15.00-17.00 Menuju Ranu Pane.
Rombongan dibagi 3 Jeep, topeng, gembul, gonek, sempat merasakan adrenalin di kap Jeep ! Jalanan Asoy maan, Kita foto-foto dulu selepas pertigaan yang ke arah Bromo.

itu bantengan

dokumentasi dulu sebelum nyampe ranu pane

ranu pane
17.00-17.30 Drop Carier ke Rumah Bapak Tumari.
17.30-20.00 Relax Time, Makan + ngobrol dengan bang agus (Ciputat)
20.00-… relax, Time for Sleep, Pokeran, Remian.

Rabu, 4 Agustus 2010
04.30-05.00 Bangun, Sholat Subuh (babab)
05.00-07.00 Ngemil Time, Ngopi, Relax Time
07.00-07.45 Re-Packing
07.45-09.08 Makan

Untuk makan malam hari lalu dan pagi hari ini, kami membayar per porsi Rp 8.000, sehingga ditotal Rp 16.000

09.08-09.20 Briefing, Berdoa, Dokumentasi
09.20 Berangkat menuju Ranu Kumbolo
Baca Selanjutnya





Rencana Semeru !!!

21 07 2010

Horee, akhirnya kesampaian juga nih naik nih gunung !!!
habis diksui abis-abisan ama anak-anak di facebook, haha !!! rusuh !! yang rusuh sih gw,, emang dasar niatnya ngerusuhin
Oke ga usah basa-basi
Buat semua pembaca Struggle Moment, ini ada beberapa plan yang saya rencanakan, berhubung tidak bisa bergabung dengan tim dari Jakarta :

Tanggal 1 agustus 2010

  1. naik kereta Logawa dari Purwokerto – Surabaya (gubeng)06.00-15.45 (IDR 28.000)
  2. naik kereta Penataran dari Surabaya (gubeng) – Malang 16.32-20.00 (IDR 4.500)
  3. Kosan Albert (cek logistik lagi) , sekalian ke DO-Rent nyewa beberapa yang kurang
  4. Konfirmasi kedatangan tim Jakarta, kalo udah ampe malang, goes to Arjosari – Tumpang – Ranu Pane ( melebur 1 rombongan)

Begitulah

dan seterusnya, akan terus di update di sini, sampe kita menggapai mahameru.

bismillah

*UPDATE

alhamdulillah setelah browsing sekian lama di kaskus, terutama di forum OANC , akhirnya diambil kesepakatan untuk membuat surat keterangan dari dokter / puskesmas setempat ! sempet puyeng juga sih nyarinya dimana, tapi dengan niat yang tulus dan niatan baik akhirnya gw mendapatkan di klinik Fattimatuzahra dengan harga Rp 10.000 saja !

Berikut adalah persyaratan yang kami bawa untuk memenuhi persyaratan pendakian gunung semeru 3-8 Agustus 2010 .

  1. Foto Kopi KTP sebanyak 3 buah
  2. Surat Keterangan sehat + 1 fotocopy sebanyak 1 buah

Adapun ini adalah penampakan dari cariel saya, dapet pinjeman dari teman saudara yang kebetulan sedang k.o.a.s di Purwokerto.

Berikut adalah bawaan sementara dari tim Purwokerto (depe dan ghaling)

logistik

  1. coki-coki 4 buah  8.400
  2. cha cha 1  5.900
  3. vit c 5 lembar  5.000
  4. permen happydent white 1 bungkus 3.600
  5. chitato 1 besar  6.200
  6. ager kecil 4 bungkus 4.000
  7. ager gede 1 isi 4 2.000
  8. tango 3 buah 1.500
  9. indocafe coffemix 1 renteng 7.500

peralatan

  1. batere cadangan A2 2 buah 4.800
  2. bohlam cadangan  1 buah 4.100
  3. webbing 4.5 M 20.000
  4. isi ulang gas 2 buah 6.000
  5. tissue gulung 4.000
  6. tissue basah 4.000




Merakyat dengan Kereta Api Klas Ekonomi

25 12 2009

Kembali kehidupan nyata yang sangat sesak untuk dilalui. hmm

Moda transportasi ala rakyat, ekonomis banget, dan banyak perasaan yang menjadi candu disana. Sebuah candu akibat adanya interaksi sosial yang humanis, dan mengkultur dalam jiwa manusia asli Indonesia. Manusia indonesia identik dengan ramah tamah, senyuman, dan  gotong royongnya. inilah yang mengitikadkan PT. KAI untuk membuat sebuah moda transportasi umum yakni kereta api kelas ekonomi. Sudah lebih dari beberapa tahun terkahir ini, gw hobi mondar-mandir dari satu kota ke kota lain dengan kereta ini. Entah dari yang namanya Sri Tanjung, Logawa, Kahuripan, Bengawan, Progo, Matarmaja. Sudah seluruh rel dari daratan jawa ditempuh oleh saya, dari ujung Merak Banten, hingga banyuwangi di ujung jauh sana. Jalur utara dan Selatan pun sudah habis saya lalui. Tentu saja dengan kereta ekonomi. Banyak ciri khas, paling gampang dilihat dari tata cara penjual yang silih berganti mondar-mandir tanpa lelah menjajakan barangnya.

“Ya beginilah, Kereta rakyat” menurut bapak terlemas setelah anaknya meraung kepanasan

“Duh de, Kasian yaa” seorang ibu mengasihani bapak berkaki satu yang melewati deretan kursi kami barusan

“Maap mas” kata-kata yang ering terlontar di kereta ini

tak sedikit pun candaan yang terlontar dari isi kereta.

“Mijon, Mijon, Mijon, Mijon” tertawa saya mendengarnya, kental aksen asli pribumi yang rumit mengeluarkan huruf “z”

Baca Selebihnya…





Niat ke Halimun nongol di Pelabuhan Ratu

4 12 2009

Hahaha, gak kerasa yah udah tiga ratus enam puluh lima hari kita bekerja, beraktifitas, dan bercengkrama satu sama lain. Suka duka terjadi, tangis tawa yang sudah menjadi sarapan kehidupan. Ya kok jadi bertele-tele gini sih,hehehe.
Tahun baru kali ini 2009, kita berempat adit, sulton, rio, dan wisnu memutuskan untuk melakukan touring ke puncak. Hal itu diutarakan oleh sulton dirumah rio. Hmmm, gak da yang menduga pada jam 15.00 ternyata destination pun berubah yaitu ke gn. Halimun, dengan alasan saya belum pernah kesana. Sedikit informasi, bahwa rute menuju gn. Halimun dari Ciawi sangat jauuuuuh, kita harus berkelak kelok di parungkuda, lalu 60 menit kemudian akan tercapai kelapa nunggal. Awas hati-hati di parungkuda selain jalan akan terasa berat ketika melewati setasiun parungkuda, kita pun tidak akan menemukan plang bertuliskan parungkuda di jalan raya. Agar tidak tersesat seperti kami, Dari Ciawi lurus terus menuju arah Sukabumi. Sesuai dengan plang penunjuk jalan yang bertuliskan Parakan Salak belok kanan yang akhirnya menemukan parungkuda. Di jalanan parungkuda-kelapanunggal kita masih dapat menaiki angkot, lumayanlah angkotnya tidak sempit banget. Waktu menunjukkan pukul 20.00, kami baru saja sampai kalapanunggal. Suasana pun menjadi berubah karena setiap kali kita bertanya dan bertanya menuju halimun, semua orang menjadi bertanya-tanya, dan mengucapkan ‚Äú masih jauh dek‚ÄĚ hufh, katanya sih masih ada 50 km lagi alias 5 jam lagi. Hatipun surut untuk kesana. Menurut tukang ojek yang ada di kelapanunggal, angkutan umum hanya beroperasi hingga kabandungan. Entah menuju ke TNGH (Taman Nasional gunung Halimun) harus dengan menaiki apa, menurut pak ojek itupun sayang jika kita menggunakan motor kesana karena medan yang dihadapi adalah medan offroad mobil-mobil besar. Aduuuuuuuhh,,
20.30 pun kita makan di kelapanunggal, ya lumayanlah mengganjal perut karena belum makan malam, hehehe. Pikiran pun berubah setelah makan, dengan tawaran yang diberikan oleh pak ojek agar ke pelabuhan ratu saja daripada ke gn. Halimun, akhirnya teman-teman pun bersepakat. Karena memang rutinitas yang tidak disengaja selalu menjadi bagian penting dalam cerita kami kali ini.
Motor dipanaskan dan kita berangkat menuju Pelabuhan Ratu via Cikidang. Sedapat informasi yang saya dengar, trek Jakarta-Pelabuhan Ratu juga dapat dicapai melalui leuwi liang-kelapanunggal-cikidang-pelabuhan ratu. Hal itu diutarakan oleh bapak ojek tersebut. Haa kalo tau dari awal sih gak papa,,hehehe…
Pada pertigaan kelapa nunnggal dan cikidang kami sempat bertanya untuk meyakinkan apakah benar jalan itu yang merupakan rute ke pelabuhan ratu. Dan bapak-bapak itu meniyakan. Perlu sedikit informasi, Jangan pernah lewat malam, karena tidak ada lampu penerangan dan tidak ada rumah penduduk dalam radius yang berdekatan. Daerah tersebut merupakan daerah PTPN penghasil minyak sawit. HAL INI JUGA BERLAKU UNTUK TREK PARUNGKUDA.
Pada pertigaan cikidang dan cibadak kita diberhentikan oleh petugas dari pariwisata dan menarik retribusi sebesar Rp2500/orang, sehingga kita tidak ditarik uang lagi ketika di pelabuhan ratu nantinya. Bagi teman-teman yang belum berpengalaman naik motorhujan-hujan dan tidak sanggup melawan licinnya aspal saya sarankan agar tidak melalui cikidang karena jalannya mantabssgi pengendara mobil pun sebaiknya tidak dikarenakan trek sempit dan sangat berkelak-kelok. Pada temrinal sub cikidang kita ditagih pungli euy ma dishub. 1000 per motor, bayangkan berapa yang diraup oleh dishub tersebut pada malam tahun baru??naik haji kali ya!!hehe,,lanjut??
Lanjut… Sekitar 2 jam kita sudah sampai pelabuhan ratu yang merupakan pantai yang aneh bagi saya karena harus melewati gunung dahulu baru kita dapat melihat pantainya. Di sana kita tidak dapat bergerak dengan bebas karena Malam Tahun Baru Cuy,,apa boleh buat kita menginap di ikan bakar mitoha, dengan memesan makanan. Maklum harga tahun baru semuanya serba mahal. Banyak orang melakukan cara seperti kami bahkan ada yang sempat membawa selimut.
Jam 24.00 pun bersambut berbagai macam kembang apai pun diluncurkan, berbagai motor menekan gasnya dalam-dalam. Ombak pun menghantam bumi dengan kerasnya. Datanglah 1 Januari 2009.
Paginya kita menyelesaikan keinginan menginjakkan kaki di air laut, dan berfoto bersama di pelabuhan nelayan pelabuhan ratu.
Begitulah cerita dari kami, semoga dapat membantu merefernsikan segala sesuatu keinginan Anda. Bahasa yang kami pakai semata-mata agar lebih mendekatkan antara pembaca dengan penulis terima kasih..

NB: Bensin habis 40 ribu
Perkiraan pamulang-Pelabuhan Ratu 125 km
Kecepatan jangan melebihi 80 km/jam (banyak yang kecelakaan coy)
Siapkan alat turing kalian jalan terlalu gelap jika sudah malam