Sekilas Pandang dan Tips Lulus Lancar di IESP FE UNSOED

8 05 2011

Alhamdulillah, hari kamis kemarin tepatnya tanggal 5 Mei 2011, kami ber empat (gw termasuk di dalamnya beserta 3 kawan lain) berhasil lulus dari jurusan IESP FE UNSOED. Meski secara de jure keabsahan kelulusan pada Jumat, 13 Mei 2011, tetapi kami meyakini secara de facto. 😀

Memang sulit untuk menjalani proses ini, tetapi dengan keyakinan pasti bisa deh.Tulisan ini diutamakan untuk kawan-kawan angkatan 2007 atau 2008 yang sedang atau hendak berproses dalam Tugas Akhir. Perlu diingat dan diketahui kembali, Tugas akhir terdiri dari 3 macam kegiatan. Pertama, Seminar hasil. Kedua, Ujian Skripsi. Ketiga, Pendadaran.

Gw disini mencoba untuk ngasih tau beberapa tips dan selayang pandang agar proses ini dapat dilewati sesuai target (jangan kaya gue yang lewat dari target melulu :malus:).

Untuk teman-teman program kelas internasional, sebelum kalian mengajukan judul kalian bisa download form pengajuan judul di sini. Untuk kalian teman-teman reguler, sabar ya, formnya belum di upload :D. Yang perlu di ketahui sebelum pengajuan judul, untuk keefektifan mengerjakan outline hingga proposal, hendaknya hanya mengambil maksimal 9 sks untuk kuliah, hal ini juga menjadi prasyarat untuk mengajukan judul, adapun syarat lain adalah minimal telah menempuh 120 sks perkuliahan, dan tidak ada kewajiban untuk mesti KKN.

Ada tips untuk mengajukan judul, pilihlah konsentrasi studi yang memang benar-benar banyak jurnalnya, dimengerti, dan memang di minati sejak awal perkuliahan. Oleh karena itu, hendaknya jangan mengajukan judul yang diluar kemampuan batas kita.

Selama proses berproposal, rajin-rajinlah berdoa. Semua kehendak di skripsi kalian, nantinya berdasarkan keingingan dan kerendahan hati pembimbing. So pasti, kalo semisal ada banyak revisi, jangan banyak mengeluh. Protes kalo menurut gw malah oke, asal ilmiah. Dosen suka kok sama mahasiswa yang intelektualnya tinggi (gampang di ajak ngobrol deh).

Menurut gw, normalnya 5 bulan kalian bisa sampe seminar, paitnya ya lebih dari itu (kaya gue :malus:). Jangan pernah bersinggungan dengan dosen pembimbing, karena merekalah yang akan mengkantrol nilai kalian di seminar dan ujian skripsi nanti (terutama PS II), murah senyumlah kepada semua dosen (gapapa jadi sok SKSD :D) siapa tau ada satu dari mereka yang bakal jadi dosen penguji di seminar dan ujian nanti.

Dalam mengerjakan skripsi, jangan lupa ikuti panduan skripsi FE Unsoed yak, bisa kalian cek dan pelajari di sini. Kerjakanlah dengan sepenuh hati, karena itu buku yang pertama kali kawan buat.

Nah ada tips nih, kalo memang kalian bener-bener mepet untuk ngejar daftar Pendadaran. Pertama, selang beberapa hari Kawan mendaftar seminar, seminggu kemudian Kawan baru bisa melakukan seminarnya (misal tarulah daftar kamis berarti kamis di minggu depan baru seminar), pastikan hari rabu untuk mendaftar tes TOEFL. Tes ini biasanya diuji setiap Jumat, dan nantinya sertifikat akan keluar pada hari Rabu (berdasarkan pengalaman). Toefl minimal hanya 400, bisa lah! Rajin-rajinlah menonton film luar negeri, kalo ga sekedar kembali membuka buku bahasa inggris SMA.

Nah sebelum seminar, lakukanlah pra-seminar. Di pra-seminar ini jangan tujukan untuk membuat pertanyaan, tapi tujukan kelemahan Kawan dalam kemampuan menganalisis, dan pemilihan kata yang akan di ucapkan. Trust me it’s worth. Ada beberapa dosen yang sudah mengetahui pola seminar yang sudah di atur. Jika kedapetan dosen model beginian, siap-siaplah dicuekin untuk kedepannya.

Di seminar juga nantinya, kalo yang berdompet tebal bisalah untuk membagikan makanan, tapi kalo ga ada ya ga usah di paksakan. Toh, para peserta seminar juga butuh tanda-tangan kehadiran di kartu seminarnya kan ?

Kita lanjut ke step ujian skripsi. Disini kalian akan di uji seberapa jauh pemahaman Kawan tentang skripsi yang telah di buat, kalo bisa udah di lampirkan dengan daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, dan abstraksi, dan sudah berisikan nomor halaman. Di bagian ini, secara umum dosen pembimbing hanya mendengarkan penuturan dosen penguji, tetapi ada juga yang turut meguji. Jeda waktu antara seminar dan ujian skripsi maksimal 2 minggu secara umum (jangan kaya gw, yang ampir 2 bulan :malus:).

Setelah ujian skripsi, lakukanlah revisi yang diminta, jangan males, kejarlah target Kawan. Setelah melewati bagian ini, mulailah atur kembali kelengkapan KHS, sertifikat TOEFL, slip pembayaran SPP akhir, kartu seminar, dan kartu konsultasi skripsi. Lancar! Pendadaran di depan mata.

Pada saat kalian hendak mendatar pendadaran, jangan lupa untuk menyertkana kartu bebas pustaka baik itu dari UPT Perpustakaan dan PII FE UNSOED. Ga usah pilah-pilih hari, karena nyatanya ujian pendadaran adalah ujian mental, ujian kepekaan teori dengan realitas masyarakat, dan uji seberapa jauh Kawan berdoa. 😀

—————————————–catatan akhir————————————

Biaya Uang

  1. Kertas 2 rim A4 80gram = 31.000 x2 = 62.000 (maksimalkan penggunaan bolak-balik untuk revisi :P)
  2. Penelitian = Tergantung
  3. Daftar Seminar = 60.000 (50 rebu sewa LCD + 10 rebu sewa ruangan)
  4. Cetak Abstraksi = 30.000
  5. TOEFL = 40.000
  6. Bebas Perpus = 85.000 (75 rebu di PII + 10 rebu di UPT)
  7. Cetak Skripsi = 9.000 x 6 buah = 54.000 (1 buat sendiri, 2 buat masing-masing pembimbing, 1 buat daftar pendadaran, 2 buat UPT dan PII)

Total = 331.000 yang pasti-pasti. di sini tergantung banyak amat (terdiri dari: biaya warnet nyari jurnal, biaya fotokopi kalo kertas udah mulai menipis, biaya mondar-mandir BPS atau BI, biaya rawat inap rumah sakit hehehe)

Biaya Waktu (asumsi santai)

  1. Judul – Outline = kisaran 1 minggu
  2. Outline – Proposal = kisaran 12 minggu
  3. Proposal – Hasil = kisaran 3 minggu
  4. Hasil – Seminar = kisaran 2 minggu
  5. Seminar – Ujian = kisaran 2 minggu
  6. Ujian – Pendadaran = kisaran 2 minggu

Total 22 minggu = 5,5 bulan (1 semester kan)

Jangan males, rajin doa, minta restu orang tua, dekati dosen.

Biaya diatas belum di tambah biaya daftar wisuda sejumlah 235 rebu (150 rebu untuk wisuda + 85 rebu untuk pelepasan di fakultas :miris:)

Bagi Kawan yang masih angkatan 2009 dan 2010, aktiflah di organisasi, karena dengan organisasi memudahkan kalian berinteraksi dengan golongan orang-orang yang perlu didekati. Kalo mau dapet penghasilan, jadilah tukang analisis mendadak, tapi jangan gila naro tarifnya kalo enggak mau kena kutukan di prosesnya :D.

Segitu aja, comrads





sudah, sedang atau belom merdeka !!!

16 08 2010

mungkin setiap bulan Agustus kita selalu di dengungkan oleh ucapan Proklamasi dari Bung Karno, mungkin dari kita juga masih sering mendengar atau masih menghafal bait dari pembukaan undang-undang dasar 1945 . Sebuah Tujuan negara ada di situ semua, pertanyaannya adalah apa negara ini telah mencapai semua tujuan itu ??
Jawabannya pasti belum kawan !!!

Hampir 60 % dari data statistika, masyarakat kita masih di bawah kemiskinan, mengapa ? padahal angka kemiskinan selalu turun dari tahun ke tahun ! karena rata-rata dari mereka masih berpendapatan di bawah GKM (garis kemiskinan) dengan pendapatan rata-rata di bawah Rp 20.000 / hari, coba Anda bandingkan dengan GKM yang ditunjukkan pemerintah ! hanya 12.000 / hari kawan ! apa itu cukup ! turunkan saja GKM nya, maka kita akan di beritakan kemiskinan telah berkurang di negara ini. Sungguh Terlalu !!!

Tapi tak apa, sesuai dengan logika berfikir , tujuan adalah sesuatu yang harus di kejar, dan jika sudah di dapatkan, maka kita tidak punya tujuan lagi, oleh karena itu ada baiknya pemerintah hari ini harus menyediakan pendidikan gratis untuk seluruh lapisan, dari tingkat pendidikan dasar, pertama, menengah, bahkan andaikan bisa hingga jenjang universitas

karena pada dasarnya, pendidikan di berikan kepada manusia untuk memerdekakan manusia itu sendiri !

Oleh karena itu , mari sambut 65 tahun Indonesia ini , dengan semangat penuh bakti kepada pelosok negeri yang belum sempat merdeka, kepada mereka yang dirugikan oleh sistem para pemodal asing, oleh mereka yang telah menggerogoti negeri ini dalam sebuah kelompok bernama koruptor.

Tunduk tertindas, atau Bangkit melawan !!!

Dirgahayu RI ke 65, semoga menjadi negara yang meghargai penduduknya, semoga menjadi negara yang penuh kedamaian, semoga menjadi negara yang selalu menghargai umat manusia !!!





Tips sebelum skripshit

28 07 2010


nah kembali lagi kepermasalahan yang menghujam jantungku akhir-akhir ini pembaca struggle moment. memang skripsi tidak ada duanya deh, bisa menjadi beban, tapi enak banget saat dijalanain !

berikut adalah tips untuk kalian yang akan memulai dalam pembuatan skripsi, secara general ada beberapa langkah mudah , ini didapatkan berdasarkan pengalaman saya :

  1. Ikuti dengan sungguh-sungguh mata kuliah Metode Penelitian (METLIT/METOPEN) , kenapa ?saya dulu ga ngikutin dengan minat banget mata kuliah ini, dan akhirnya saya kedodoran pas praktik penulisan baku, dan kerangka berfikir
  2. Ikuti lomba-lomba/diskusi karya tulis, kenapa ? saya ga pernah sama sekali mengikuti diskusi semacam itu, selain tampaknya membosankan, tetapi juga sangat meribetkan, dan hasilnya seperti sekarang, saya kekurangan referensi, menulis sistematika dengan baik, dan kesusahan dalam ekstraksi data
  3. Ikuti matkul EKONOMETRIKA dengan bijak. kenapa ? karena ini nyawa bagi kalian para skripsier yang mau tau hasil dari penelitian kalian, dulu saya suka, tetapi karena keterbatasan si dosen dalam mengajar, dan karena kemalasan saya untuk belajar di tempat lain, saya jadi ga update banget mengenai ekonometrika, dan ga ngerti ngebaca hasil eksripsi software olah data 😀
  4. Punya referensi , jurnal, skripsi yang mirip dulu. kenapa ? ini penting mengingat saat Anda mandek dalam mengerjai skripsi Anda, tak tahu apa yang harus ditulis dan dikaji lagi, merekalah tempat Anda menemukan ide Anda kembali, yakini, ini penting sekali untuk Anda pada penelitian Anda
  5. Gunakan Judul yang singkat, khusus. kenapa ? kebanyakan para mahasiswa menginginkan judul yang dipakai pada skripsi nya singkat, padat, dan jelas. tapi bagi sebagian dosen lain menginginkan khusus, dan lebih  ekplisit. Jadi siapkan beberapa judul andaikata disuruh ganti, saya sendiri sudah menggantinya hingga 5 kali
  6. Mulai sekarang gabung ke milis diskusi ekonometrika, dan alat analisis. kenapa ? siapa tahu ketemu error software seperti yang alami beberapa hari lalu, dan siapkan beban mental disana. ya siapa tau aja, ada peneliti lain yang kebetulan mirip penelitiannya dengan punya Anda, dan Anda diberi tahu bahwa penelitian tersebut tidak relevan
  7. Siapkan Otak, Refreshing sedini mungkin. kenapa ? karena diskripsi kalian akan menemukan 2 buah mata pisau, satu bisa menusuk Otak Anda, satu lagi Kocek Anda. ya lakukan sedini mungkin refreshing untuk membuang hawa-hawa kotor untuk bermalas-malasan, hilangkan semua itu
  8. Siapkan nyali. kenapa ? mahasiswa yang idealis seperti saya dan kamu seharusnya siap menghadapi konsekuensi dalam skripsi , pemisalan Dosen menolak Skripsi Anda, jangan menyerah, masih banyak jalan menuju Roma toh, masih ada judul lain yang perlu diolah.
  9. Siapkan Kocek. kenapa ? ini masalah selalu ada dalam semua, jika kamu tidak ahli dalam ekonometrika, Anda bisa lari ke tukang olah data, dibutuhkan dana 200-500 ribu disana, jika Anda pengen ke warnet cari data , dan jika Anda memang tak sanggup untuk melakukannya tinggal membayar semua, yang terakhir saya tidak sarankan
  10. Siapkan Data di awal, dan olah secepatnya. kenapa ? intinya dari yang saya alami waktu skripsi, skripsi kebanyakan diarahkan oleh dosen pembimbing, dan kebanyakan dari mereka gagal di hasil penelitian, maka ada baiknya uji terlebih dahulu data yang Anda peroleh, lalu ketahui hasilnya, dan tulis kembali ke dalam skripsi Anda, jikalau ada perubahan pada dosen, setidaknya Anda mempunyai argumen, agar sang dosen tidak menggantinya, kalau dirasa perlu Anda bisa coba dengan penambahan variabel lain yang tidak digunakan sebagai variabel dalam penelitian Anda, jika dosen mengganti, Anda tinggal menawarkan variabel tersebut.
  11. Cari Pacar. Kenapa ?? well emang agaknya ini ga penting, tapi teman saya sudah mengalaminya, skripsi mandek , akhirnya kelar dengan adanya pacar, dan saya sendiri agaknya menyadari ini penting jika “sang pacar mau ngebantu kita dalam skripsi juga”. catatan pada nomer ini adalah pilah-pilih  temen yang skripsi juga, jangan gabung sama yang malas ama skripsinya, kebawa nanti 😀 😀

11 tips tersebut bebas ga berurutan , karena pada hakikatnya kita semua tidak demen ama tata-tertib 😀 , nah jika tak dilakukan ada beberapa konsekuensi :

  1. GAGAL (terus nulis i quit kaya di Film Three Idiots)
  2. LAMA (paling sering terjadi dan ini sudah dialami oleh beberapa teman saya, moga-moga saya tidak)

Tapi untuk menghindari 2 aturannya gini :

  1. Rajin beribadah, minta doa ama Allah Swt
  2. Minta restu Orang Tua, Sodara, dan Keluarga
  3. Minta restu teman, sejawat, dan kolega
  4. ikutin 11 aturan tadi
  5. tertib 😀 😀

salam !!!





Kita Mampu Juragan!!!

17 07 2010

lagu bang iwan, begitulah penulis memanggil iwan fals, lagunya yang berjudul bangunlah putra – pertiwi Indonesia, benar-benar membangunkan semangat ini kembali, walaupun hanya untuk membuat sebuah postingan. entah mengapa, saat garuda terlontar dari mulut beliau pada nyanyiannya, merinding tubuh ini…

Saya memang anak bangsa, yang selalu haus akan pembelajaran.

Saya juga anak bangsa, yang tak takut untuk melawan kebodohan.

Saya adalah anak bangsa, yang memiliki cita-cita untuk kemajuan bangsa ini.

Ahh,, nulis apa saya malam ini,

semua rutinitas saya akhir-akhir ini adalah melakukan pembacaan lewat media internet, dari melakukan posting di sebuah internet untuk menghasilkan uang, hingga, mengotak-atik twitter, facebook, ga jelas deh pokoknya …

Malam kemarin adalah malam kelam, dan saya ingin mengakhirinya di malam ini, bukan untuk tanda kematian, tetapi untuk semangat lagi menikmati hijau daun di pagi hari.

Cukup lama, saya sendiri, seperti ucapan bang Iwan pada lagunya belum ada judul. dari sepinya kosan ini, hingga tidak ada keramaian di hari pagi, masih tetap berbeda dengan yang dahulu, dimana ketika fajar menjemput, saya disguhi wanginya embun, dingginnya sang kabut. tetapi disini tidak, tidak ada kabut atau angin pekat malam yang menghujam !

Dunia internet yang terus meanrik mangsa dari dunia asli, telah membuat langkah kita untuk melangkah semakin cepat, tayangan andrew darwis pada TV one malam ini, adalah sebuah kekuatan super daripada ucapan Mario Teguh.

Sudah melihat ?

Ini videonya :

lanjutannya


yg ini Empunya Indowebster , Bang ACong

bagian kedua

sebuah perjuangan anak bangsa yang pantas diacungi seribu jari jika saya punya, Sebuah anak bangsa yang terlah berupaya untuk mencerdaskan bangsanya…
hanya untukmu seorang – Indonesia- (buku ini aku pinjam lirik dari iwan fals) , semua yang dilakukannya, walaupun berawal dari suatu noda hitam, tetapi akhirnya adalah sbeuah rona manis yang terpancar.
Kita mampu JURAGAN !!!
AYO SEMANGAT !!!





Three Idiots

10 05 2010

Lagi-lagi film India membuat geger dunia. (berlebihan gak sih..hehe.) Yap, film yang dirilis 25 Desember 2009 ini, masuk dalam recommended film dari gw.

Film yang mengisahkan perjalan tiga orang mahasiswa di Universitas ICE dalam setiap sesinya ini, sangat memicu gw mungkin untuk seluruh mahasiswa di muka bumi untuk dapat belajar bukan hanya berpatokan pada nilai, melainkan dengan semangat kesukaan dasar minat dari kita masing-masing.

Dengan latar khas India, gejolak batin antar satu sama lain sangat detail dan memperinci sosok pemain dalam film ini.

Film yang diperankan oleh Aamir Khan sebagai rancho, R. Madhavan sebagai farhan, dan Sharman Joshi sebagai raju rastogi ini patut diacungi
Five Stars !!! India sebagai salah satu raksasa yang sedang tidur makin dahsyat dalam pembuatan filmnya.Jika kalian melihat film ini, ada beberapa efek yang pembuatannya oleh komputer.

Film ini pas banget gw tonton kemarin tanggal 9 Mei 2010. Bagi gw, film ini adalah hadiah untuk HARDIKNAS mungkin, karena dalam film ini bagaiaman seorang Rancho dapat memutar balikkan segala sesuatu sebagai kritikannya dalam pendididikan di India. yang utama dan pertama adalah nilai bukanlah segalanya, nilai sahabat sebagai kunci utama dalam kehidupan, dan tentu saja bumbu cinta adalah segala sesuatu rasa yang sangat sulit untuk dilalui oleh setiap manusia.

Kekerasan pendidik  (sistem pendidikan) sangat dikritik dalam film ini, dapat dilihat ketika Rancho mampu membuat seorang rektor ICE kelimpungan dengan pertanyaan “mengapa tidak pensil saja yang menjadi alat tulis astronot?”dan bagi the idiots, orang pinter tidak dapat diukur dalam nilai, melainkan dalam pengembangan ide dan keminatan yang sungguh-sungguh disenangi.

Bagi gw, film ini sarat ide yang kental, benar-benar layak konsumsi untuk dalam negeri, agar para pendidik (instansi pendidikan) dapat menyelaraskan antara otak kanan dan kiri, bukan sebagai alat produksi perusahaan. Konflik antar orang tua yang membebani anak dengan macam-macam harapannya, juga dapat dilihat dalam film ini. Benar-benar Film keluarga, dan buat kamu-kamu yang masih minder dengan segala kapasitas ilmu dan skill yang kurang, perlulah menonton ini bersama orang tua kamu.

Check it Out !!!





Ujian Nasional : masa depan vs realitas

19 03 2010

Ujian Nasional, tak pernah berhenti permasalahn didalamnya. Mengapa ? Kontroversi ini berawal dari pendirian Departemen Pendidikan Nasional, untuk meningkatkan akreditasi pendidikan bangsa Indonesia, sehingga dapat disejajarkan dengan pendidikan di negara maju sana. Berawal dari sinilah lalu saling mengkait-satu sama lain jeruji masalah ini.

dokumentasi I-Stock

Saya sempat merasakan ujian nasional, tepatnya tahun 2006, waktu itu ukuran standar kelulusan adalah 3,5 tiap mata pelajaran yang di UAN kan dan standar rerata 4,5 atau 5 (agak lupa).

Pendidikan bermutu yang diinginkan Depdiknas adalah dengan mengujiankan 3 mata pelajaran dahulu – kini mata pelajaran sesuai dengan penjurusannya – dengan batas ambang nilai minimal. kurang dari itu, Anda tidak lulus alias tidak berkompeten sebagai lulusan pendidikan di Indonesia.

Sudah Terbuktikah ??

Baca Selanjutnya…





Skripsi Oh Skripsi

16 03 2010

Ooooooooooooooh Skripsi..

How to solve this problem !!

Gampang !!

Eh tau kan, kalo Strata 1 itu diwajibkan untuk membuat skripsi. Hmmm, Mungkin beberapa Universitas ada yang tidak menerapkannya, tapi kalo di kampus gue, UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN, yang namanya skripsi adalah KEWAJIBAN.

Nah sekarang, bagaimana kalo kalian sudah memasuki semster akhir dan telah mendapatkan mata kuliah Metodologi Penelitian. Hayooo, sebentar lagi lo semua akan ngadepin skripsi pastinya. Intinya sih gampang, kalo buat strata 1 itu, kalian ditujukan untuk mengerti cara membuat penelitian. Kalo menurut Bapak Prof. Mohammad Adnan latief, “membuat penelitian itu pada dasaranya merubah kebiasaan membaca, menjadi menulis, merumuskannya, lalu mengetahui hasilnya”

Baca selebihnya…