Tips sebelum skripshit

28 07 2010


nah kembali lagi kepermasalahan yang menghujam jantungku akhir-akhir ini pembaca struggle moment. memang skripsi tidak ada duanya deh, bisa menjadi beban, tapi enak banget saat dijalanain !

berikut adalah tips untuk kalian yang akan memulai dalam pembuatan skripsi, secara general ada beberapa langkah mudah , ini didapatkan berdasarkan pengalaman saya :

  1. Ikuti dengan sungguh-sungguh mata kuliah Metode Penelitian (METLIT/METOPEN) , kenapa ?saya dulu ga ngikutin dengan minat banget mata kuliah ini, dan akhirnya saya kedodoran pas praktik penulisan baku, dan kerangka berfikir
  2. Ikuti lomba-lomba/diskusi karya tulis, kenapa ? saya ga pernah sama sekali mengikuti diskusi semacam itu, selain tampaknya membosankan, tetapi juga sangat meribetkan, dan hasilnya seperti sekarang, saya kekurangan referensi, menulis sistematika dengan baik, dan kesusahan dalam ekstraksi data
  3. Ikuti matkul EKONOMETRIKA dengan bijak. kenapa ? karena ini nyawa bagi kalian para skripsier yang mau tau hasil dari penelitian kalian, dulu saya suka, tetapi karena keterbatasan si dosen dalam mengajar, dan karena kemalasan saya untuk belajar di tempat lain, saya jadi ga update banget mengenai ekonometrika, dan ga ngerti ngebaca hasil eksripsi software olah data😀
  4. Punya referensi , jurnal, skripsi yang mirip dulu. kenapa ? ini penting mengingat saat Anda mandek dalam mengerjai skripsi Anda, tak tahu apa yang harus ditulis dan dikaji lagi, merekalah tempat Anda menemukan ide Anda kembali, yakini, ini penting sekali untuk Anda pada penelitian Anda
  5. Gunakan Judul yang singkat, khusus. kenapa ? kebanyakan para mahasiswa menginginkan judul yang dipakai pada skripsi nya singkat, padat, dan jelas. tapi bagi sebagian dosen lain menginginkan khusus, dan lebih  ekplisit. Jadi siapkan beberapa judul andaikata disuruh ganti, saya sendiri sudah menggantinya hingga 5 kali
  6. Mulai sekarang gabung ke milis diskusi ekonometrika, dan alat analisis. kenapa ? siapa tahu ketemu error software seperti yang alami beberapa hari lalu, dan siapkan beban mental disana. ya siapa tau aja, ada peneliti lain yang kebetulan mirip penelitiannya dengan punya Anda, dan Anda diberi tahu bahwa penelitian tersebut tidak relevan
  7. Siapkan Otak, Refreshing sedini mungkin. kenapa ? karena diskripsi kalian akan menemukan 2 buah mata pisau, satu bisa menusuk Otak Anda, satu lagi Kocek Anda. ya lakukan sedini mungkin refreshing untuk membuang hawa-hawa kotor untuk bermalas-malasan, hilangkan semua itu
  8. Siapkan nyali. kenapa ? mahasiswa yang idealis seperti saya dan kamu seharusnya siap menghadapi konsekuensi dalam skripsi , pemisalan Dosen menolak Skripsi Anda, jangan menyerah, masih banyak jalan menuju Roma toh, masih ada judul lain yang perlu diolah.
  9. Siapkan Kocek. kenapa ? ini masalah selalu ada dalam semua, jika kamu tidak ahli dalam ekonometrika, Anda bisa lari ke tukang olah data, dibutuhkan dana 200-500 ribu disana, jika Anda pengen ke warnet cari data , dan jika Anda memang tak sanggup untuk melakukannya tinggal membayar semua, yang terakhir saya tidak sarankan
  10. Siapkan Data di awal, dan olah secepatnya. kenapa ? intinya dari yang saya alami waktu skripsi, skripsi kebanyakan diarahkan oleh dosen pembimbing, dan kebanyakan dari mereka gagal di hasil penelitian, maka ada baiknya uji terlebih dahulu data yang Anda peroleh, lalu ketahui hasilnya, dan tulis kembali ke dalam skripsi Anda, jikalau ada perubahan pada dosen, setidaknya Anda mempunyai argumen, agar sang dosen tidak menggantinya, kalau dirasa perlu Anda bisa coba dengan penambahan variabel lain yang tidak digunakan sebagai variabel dalam penelitian Anda, jika dosen mengganti, Anda tinggal menawarkan variabel tersebut.
  11. Cari Pacar. Kenapa ?? well emang agaknya ini ga penting, tapi teman saya sudah mengalaminya, skripsi mandek , akhirnya kelar dengan adanya pacar, dan saya sendiri agaknya menyadari ini penting jika “sang pacar mau ngebantu kita dalam skripsi juga”. catatan pada nomer ini adalah pilah-pilih  temen yang skripsi juga, jangan gabung sama yang malas ama skripsinya, kebawa nanti😀😀

11 tips tersebut bebas ga berurutan , karena pada hakikatnya kita semua tidak demen ama tata-tertib😀 , nah jika tak dilakukan ada beberapa konsekuensi :

  1. GAGAL (terus nulis i quit kaya di Film Three Idiots)
  2. LAMA (paling sering terjadi dan ini sudah dialami oleh beberapa teman saya, moga-moga saya tidak)

Tapi untuk menghindari 2 aturannya gini :

  1. Rajin beribadah, minta doa ama Allah Swt
  2. Minta restu Orang Tua, Sodara, dan Keluarga
  3. Minta restu teman, sejawat, dan kolega
  4. ikutin 11 aturan tadi
  5. tertib😀😀

salam !!!


Aksi

Information

2 responses

28 07 2010
Ceritaeka

Astagaaaaaaaaaaaaaaa tips no.11 nya keterlaluan bgt =))

Hmmm sepertinya akan menyarankan adek utk tdk usah terima cowok yg nembak pas dia mau skripsi😉 hihihi

28 07 2010
Aditya Dwi Prasetyo

justru kalo lagi sama-sama skripsi pasti sama-sama berpacu deh skripsinya…hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: