Milton Friedman

16 06 2010

Milton Friedman (31 Juli 1912 – 16 November 2006) adalah ekonom Amerika dan intelektual publik. Ia meninggal di San Francisco (California), karena gagal jantung. Lahir di New York, ia adalah bungsu empat bersaudara dari anak keluarga imigran Yahudi asal Ukraina.Ia telah menyumbangkan sejumlah pemikirannya dalam makro-ekonomi, mikro-ekonomi, sejarah ekonomi, dan statistik kepengacaraan kapitalisme laissez-faire. Pada 1976, dia mendapat Penghargaan Hadiah Nobel “untuk pencapaiannya di bidang analisis konsumsi, teori dan sejarah moneter, dan demonstrasi kompleksitas dari kebijakan tentang stabilisasi”
Tren Moneter di Amerika Serikat dan Britania Raya, yang diterbitkan pada tahun 1982, adalah produk akhir dari suatu kolaborasi dengan Anna J. Schwartz di bawah naungan Biro Riset Ekonomi Nasional yang berlangsung lebih dari tiga dekade . Uang Mischief (Harcourt Brace Jovanovich, 1992) mengumpulkan berbagai macam potongan-potongan sejarah moneter, beberapa yang beliau telah diterbitkan di tempat lain, beberapa di antaranya tampil yang pertama dalam buku ini.
Dengan kelegandarisannya dalam bidang ekonomi, selain sebagai ekonom, beliau juga sebagai pejuang dalam meningkatkan kebebasan individu, dia telah mempengaruhi kebijakan ekonomi tiga Presiden Amerika Serikat, yaitu Richard Nixon, Gerald Ford, dan Ronald Reagan serta Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher. Kepakaran Friedman dalam bidang ekonomi tak ada yang meragukan. Ia disebut-sebut sebagai orang kedua yang paling berpengaruh sepanjang sejarah ekonomi setelah Adam Smith. Yang lain mengatakan, setelah John Maynard Keynes, tak ada lagi ekonom yang sanggup mengubah cara berpikir dan bagaimana menggunakan perangkat ilmu ekonomi selain Friedman. Puncaknya, pada 1976, ia dianugerahi hadiah nobel ekonomi dari pemerintah Swedia.
Bagi Friedman, kebebasan politik dan ekonomi tidak dapat dipisahkan. Seorang individu yang tidak bisa pergi karena exchange restrictions, orang yang tidak bisa memperoleh pekerjaan karena licensing arrangements, yang tidak dapat mengimport karena adanya quota dan tidak dapat menjual barang pada harga yang ia pilih, jelas tidak dapat dikatakan bebas


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: