Skripsi Oh Skripsi

16 03 2010

Ooooooooooooooh Skripsi..

How to solve this problem !!

Gampang !!

Eh tau kan, kalo Strata 1 itu diwajibkan untuk membuat skripsi. Hmmm, Mungkin beberapa Universitas ada yang tidak menerapkannya, tapi kalo di kampus gue, UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN, yang namanya skripsi adalah KEWAJIBAN.

Nah sekarang, bagaimana kalo kalian sudah memasuki semster akhir dan telah mendapatkan mata kuliah Metodologi Penelitian. Hayooo, sebentar lagi lo semua akan ngadepin skripsi pastinya. Intinya sih gampang, kalo buat strata 1 itu, kalian ditujukan untuk mengerti cara membuat penelitian. Kalo menurut Bapak Prof. Mohammad Adnan latief, “membuat penelitian itu pada dasaranya merubah kebiasaan membaca, menjadi menulis, merumuskannya, lalu mengetahui hasilnya”

Seperti saya, seorang mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dituntut membuat skripsi sesuai dengan konsentrasi yakni diantaranya ada beberapa seperti : Ekonomi Moneter, Ekonomi Internasional, Ekonomi SDM, Ekonomi Publik, dan Ekonomi Lingkungan.

Dari beberapa konsentrasi diatas, mana yang lo semua anggap bisa, minimal mau/ada minat sich😉 . Bisa juga seperti gw, gw gak nyangka ternyata konsentrasi gw gak jelas. Saat ini dalam pikiran gw hanya ada 3 Judul Skripsi :

  • Faktor-Faktor yang mempengaruhi tabungan mahasiswa di Purwokerto
  • China terhadap Perekonomian Indonesia : Industri tekstil di Tanah Abang
  • Pengaruh Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi : Studi kasus Indonesia 2000-2010

Nah diantara ketiga Jduul diatas, sangat jelas kalo gw gak ada konsentarasi yang jelas.. WHAT!!! Tapi gapapa, semua orang pasti survive kan. Kita lanjutkan diskusi kita. Nah kalo kalian ngerasa seperti gw.Ini adalah saran gw. Lo perlu pilih satu, terus lo atik-atik judulnya biar jadi 3. haha, jadi otomatis, lo akan memilih 1 tema, untuk 3 judul yang akan lo ajuin.

kalo di kampus gue, ribet banget birokrasinya. Lo perlu ngajuin judul, terus buat outline, baru dapet dosen bimbingan, terus maju proposal, lalu hasil, seminar, lalu sidang skripsi dan berakhir di  pendadaran. WEW. UNSOED GILA !!!

Tapi gak masalah, jangan dibikin repot. Beberapa kawan gw, ada yang gagal gara-gara kebanykan mikirin step step nya yang rumit, kalo gw pikir, ikutin aja sambil berselancar.. HUHUHU…😆

Nah sekarang, gw udah lengkap Jurnal, dan akan ngelawan dosen untuk PENELITIAN


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

