Classic Rock

5 03 2010

Beberapa hari terakhir ini, beberapa nada yang meraung raung dari radio gw adalah ber-genre classic rock. Akibat ketularan seorang kawan yang gemar betul dengan classic rock.

Sedikit informasi yang berhasil dirangkum di wikipedia, classic rock pada awalnya dipahami sebagai sebuah stasiun radio pemrograman format yang berevolusi dari berorientasi album rock (AOR) format pada awal tahun 1980-an. Classic Rock dalam beberapa tahun terakhir telah diperluas untuk mencakup glam metal dan rock progresif.

Banyak peralihan bahasa yang mengakibatkan Classic Rock adalah sebuah genre yang muncul pada era tahun 1970-awal 1990. Pada saati itu musisi Indonesia tersentak oleh kehadiran God Bless, Boomerang, Slank, bahkan Dewa 19 yang banyak mencicipi bumbu dari band Queen, Black Sabbath, Led Zeppelin, Roliing Stones, dan GNR.


Pengidentikan classic Rock dengan kekhasan distorsi musik yang keras, dan alunan melodi yang panjang seakan-akan kita melupakan dengan kemunculan Air Supply. Band yang menginspirasi dengan lagunya Goodbye ini adalah salah satu pengisi era Classic Rock yang digemari hingga saat ini.

Salah satu ciri khas yang sangat identik dengan classic rock bagi penulis adalah adanya dentingan melodi yang khas, dan panjang, ditambah pekikan sang vokalis. Ini mungkin yang membuat penulis serasa terbuai dengan aliran musik yang seperti ini. Belom lagi ditambah dengan pemikiran akan suatu lirik yang sangat dipikirkan pada zaman itu. Misal, bisa saja kita sebut Queen dengan Bohemian Rhapsody, yang akhirnya dikukuhkan sebagai lagu terbaik sepanjang abad 20.Bayangkan kawan, lagu tersebut adalah tentang seorang manusia yang hendak meminta pertolongan akibat susahnya hidup dengan Tuhan atau Iblis. wew, susah dibayangkan bukan untuk era musik digital saat ini.

Dan lagu yang selalu mengiringi setiap kali saya pergi adalah Skidrow – I remember you. Gw percaya, classic rock sebagai sebuah genre atau musik zaman 70-awal90 an akan selalu menjadi musik zaman. Musik yang selalu mengudara untuk kita dengarkan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: