Manajemen Uang

2 03 2010

Menjalani keseharian perlulah kita memiliki uang, menukarkannya menjadi sebuah keperluan akan barang atau jasa. Perlu kita ketahui sebelumnya, Uang adalah suatu alat pembayaran yang memiliki fungsi sebagai Alat tukar, Penumpuk kekayaan, satuan hitung, dan standart pembayaran masa depan.

dalam keseharian kita juga, uang dapat memperumit diri sendiri, jikalau kita tidak memiliki kecukupan akan target sesuatu. Maka dalam hal ini diperlukanlah suatu bentuk pengelolaan uang yang dimiliki agar dapat bermanfaat pada waktu yang telah kita tentukan atau disebut Manajemen Uang.


Mungkin ini sedikit sharing dari gw dalam pengelolaan uang, kebetulan ane udah diajarin cara ngelola uang ma bonyok sedari SMP, hihihi. Kondisi ane sekarang yakni kuliah di rantauan, berikut cara ane dalam memanaj uang :

  1. Perkirakan besaran pengeluaran, untuk anak kuliahan yang utama dan pertama adalah proyeksikan kebutuhan akan alat tulis, fotokopian, buku, dll (alat-alat kuliah lah)
  2. Buat suatu jurnal umum, sederhana saja (debet atau kredit) atau tidak sama sekali juga gapapa, kebetulan ane kuliah di ekonomi tapi bukan akuntansi kok.
  3. bikin Proyeksi pengeluaran 1 bulan dicatat dengan nama Perencanaan Pengeluaran (terserah kalian, intinya tentang perencanaan)
  4. Buat suatu jurnal kembali, lalu buatlah realisasi perhari kalian. Dengan kolom  makan, transport, pulsa, peralatan kuliah, Utang (bagi yang doyan ngutang), Piutang (bagi yang doyang ngutangin), dan kas akhir. Perlu diingat jika ada piutang yang masuk berarti otomatis kas ditambah ya !
  5. Perhatikan dengan seksama terhadap pemakaian pulsa, rokok, dan main kalian. Itu yang memperparah kondisi keuangan sekalian soalnya (Pengalaman nih)
  6. Tertib ikutin Plan (perencanaan) kalian. Bikin diri sendiri nyesel, karena dengan nyesel kalian pasti belajar.

Berikut tips dalam memanajemen pulsa

  1. Jika kalian doyan smsan atau telpon pakelah produk GSM yang mengerti Anda
  2. Jika Anda doyan internetan, ane saranin gunakanlah modem unlimited. Kalo dihitung-hitung beli 5000 (pulsa GPRS)/hari x 30 hari = 150.000. Mendingan Unlimited Banget kan.
  3. Pergunakanlah dengan pulsa Anda pastinya

Dan ini Tips terakhir dari saya dalam pengelolaan Uang.

  1. Pastikan Anda dapat menabung berapa jumlahnya  tiap bulan. Lalu pergunakanlah tabungan untuk sesuatu yang berharga, maka sesuatu itu akan selalu Anda dapat rasakan sangat manfaatnya
  2. Tidak ada bedanya kerja di luar domisili dengan asli domsili kalian, jika tabungan yang didapatkan sama. Karena pada hakikinya, untuk jiwa muda seperti saya, tabungan adalah aset masa depan
  3. Untuk saat ini, kebetulan ane anak ekonomi. Ane masih gak percaya terhadap Bank Umum. Kalo ane punya duit, ane bakalan mbeli brangkas dah, soalnya kalo di bank, antara bunga dan potongan tiap bulan lebih besar potongan tiap bulannya.

Sekian, semoga bermanfaat :D:D:D:D:D


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

