Kuliah Mahal !!!

15 01 2010

Siapa bilang Kuliah Murah, kalo masih ada data Sakernas tentang Angkatan Kerja itu sendiri. Paham ?? Maksut gw begini, Angkatan Kerja itu sendiri adalah penduduk usia kerja yang bekerja atau punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja, dan pengangguran (penduduk usia kerja sendiri itu dari 15 tahun keatas), nah lo ! Masih Bingung.. Ini Hal-hal diatas cuman pendeskripsian sempit dari beberapa indikator yang akan menuju kuliah itu mahal.

Coba kalian pikirkan, berapa uang yang kalian butuhkan untuk kos (bagi yang ngekost), makan, transport, Uang Pembangunan, SPP, ekskursi, penelitian, daftar UKM/Himpunan, acara ini dan sebagainya.

Coba kalian bandingkan dengan beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh pihak swasta maupun pemerintah, apakah sudah sepadan dengan nilai yang kalian keluarkan ? Dengan tetek bengek, kalian harus buat semacam proposal karya ilmiah lah (butuh duit lagi looo….)😀😀

Coba kalian rigid satu demi satu angka kehidupan kamu, saat pertama kali, mendapatkan 1 paket jas almamater, Berapa nilai yang sudah orang tua kamu keluarkan. Coba tanyakan, dan kamu akan mengerti saat kelak nanti menjadi orang tua, bahwa secara langsung dan tegas kamu dapat nyatakan Kuliah itu Mahal !

Kalo sudah tahu mahal, mari kita mencoba untuk berpikir sejenak bagaimna caranya biar murah, hmmm… Apa yaa.. Seperti yang sudah di ulas di Pendidikan sebagai humanisasi manusia, kita kembalikan kepada permasalahan inti bangsa, yakni dimana manusia indonesia memiliki HDI (human development index) pada peringkat 111 di tahun 2007 dari 158 negara. (sumber). Mengapa pembangunan manusia di Indonesia begitu rendah, jawaban yang paling relevan adalah pendidikan. Cukup Melihat melalui stastistika HDI, dimana nantinya kita akan melihat sebuah siklus lemahnya Indonesia dalam pengembangan manusianya (SDM).

Pendidikan rendah akan menghasilkan kemampuan (skill) bekerja rendah, yang akan mengakibatkan pada daya serap ekonomi manusia itu sendiri (sandang, pangan, papan, dan lain-lain), yang juga akan mengakibatkan kearah kriminalisasi yang signifikan.

Adakah hal itu terjadi di sini, di bumi pertiwi !! Negeri yang dahulu besar dengan keagungan di Selat Malakanya, Negeri yang sangat diagungkan oleh Seluruh Kawasan Asia Tenggara era Majapahit. Sungguh Ironis !!! Pendidikan mahal bukan tujuan, maka sudah sepantasnya kita menggugat kembali pendidikan macam apa yang perlu kita bela, pendidikan utnuk memanusiakan, atau pendidikan untuk mencetak lulusan pekerja, selamat memilih, Kawan !!!


Aksi

Information

2 responses

21 02 2010
muhammad zakariah

setuju sobat.. yg terpenting pendidikan kita berkualitas luar dalam, pendidikan yg tidak hanya sekedar mengajarkan materi kuliah.. tidak hanya sekedar mengajarkan materi kuliah.. kebanyakan dosen dan guru, cuma melakukan aktifitas mengajar bukan mendidik…saat ini itu yg terjadi, akhirnya moral dan mental rusak, banyak mahasiswa preman yg ujungnya menjadi pejabat preman kelak.

salam hangat sobat, semanggat dan terus berkarya..😀

2 03 2010
momentdesire

oke mas. sama-sama lah kita sebaai generasi muda memahami betapa pentingnya pendidikan yang benar menurut kita dan memeperjuangkannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: