BEM ???

7 12 2009

Masyarakat, dalam hal ini mahasiswa yang hidup berdampingan dengan karyawan kampus, dosen, hingga birokrat kampus. Meeka hidup berdampingan kadang-kadang saling mencaci, saling menegur, dan saling berjabat tangan. Mereka hidup berdampingan tetapi terkadang saling menerkam. Tetapi ada pula yang hidup berdampingan dengan alasan pengukuhan eksistensi dirinya. mereka berbagi jatah layaknya birokrasi kucing-kucingan dibelakang kursi dewan. Dan mereka yang hidup berdampingan itu saat ini sedang berperang dalam sebuah penganugerahan kursi panas “BEM”.
BEM pun kini ditengarai bukan pemecah sesuatu problmeatika, malah dijadikan sebagai pemicu masalah-maslah yang ada. Mereka berasal dari sebuah elemen berbasis nasional, mereka tidak pernah memerdekakan klas klas bawah !, mereka tidak pernah menjamurkan rasa solidaritas perjuangan massa.
Di kampus saya, Penguatan kekuatan basis massa sudah terjadi dari awal jatuhnya orde baru, hingga kini 2009. Fakta dan realita penting tidaknya organisasi tersebut dalam kehidupan eksistensi mahasiswa tersendiri pun saat ini diragukan, tercermin dalam penelitian seorang kawan tahun 2008 yang mengindikasikan bahwa 75 % mahasiswa Unsoed tidak tahu kerja BEM, tidak tahu siapa saja orangnya. Inilah cerminan kondisi kampus Unsoed saat ini. Mungkin dahulu BEM atau zaman dahulu disebut Senat atau DEMA (Dewan Mahasiswa) yang diberedel orde baru melalui kebijakan NKK (Normalisasi Kehidupan Kampus). Mereka meneriakkan aspirasi yang benar-benar dari mahasiswa kebanyakan.
Sungguh Ironis bukan ?? Sampai kapan kehidupan kampus ini akan berjalan. Sampai kapan aspirasi selalu digantung dalam bayangan Birokrasi Mahasiswa (BEM itu sendiri) ??
Pertanyaannya, Sampai sejauh manakah aspirasi mahasiswa sekarang dapat diemban oleh mereka yang nantinya akan duduk dikursi BEM. Mereka kini gemar melakukan kampanye untuk mendapatkan sebuah posisi, mendapatkan sebuah hak moral kepercayaan masyarakat yakni teman-teman sendirinya. Semoga sebuah amanah tidak dipenuhi oleh pengukuhan eksistensi jabatan, semoga sebuah amanah tidak menjadi debu yang beterbangan begitu saja, semoga sebuah amanah tidak dijadikan landasan pemanjang lidah kekuasaan. Semoga dan Semoga, dan ketika Semoga itu tidak bisa dikatan lagi, maka pantaslah Kita bersama berkata “BUBARKAN BEM”


Aksi

Information

4 responses

10 12 2009
Neoaisyah

Bagi saya pribadi BEM UNSOED memang belum kerasa prestasinya. Tapi apa karena sekarang seperti ini, trus kita mending gak punya BEM aja??
Terus terang saya gelisah melihat kekurang terbukaan birokrat soal dana-dana yang diperuntukan lembaga bagi mahasiswa, dana KKN PBA, bantuan dari DIKTI, dsb. Saya merasakan langsung kejadian2 ‘aneh’ seputar hal tersebut. JIka bukan (lewat) BEM, siapa lagi yang akan memperjuangkan hal ini?

11 12 2009
momentdesire

yang jadi permasalahan di unsoed hari ini kan, kebutuhan BEM dari mahasiswa, apakah mereka jadi kepanjangan tangan birokrat, atau justru berani melawan birokrat, lihat keadaanya secara riil aja, dari penarikan dana BOPP dan POM, mengapa tidak bersama-sama mengintegrasikan diri dengan lembaga lain, seperti CPU misalnya, kan mahasiswa jadi lebih kuat. marilah kita sekarang meleburkan satu sama lain dalam satu almamater. itu yang diperlukan BEM, lihat saja bagaiamana nanti hasilnya pada PEMIRA UNSOED kali ini, apakah akan terlihat eksistensi mereka, atau tidak ??

12 12 2009
n a n a

kunjungan balasan nih bung. hmm.. saya yakin, kita sama2 orang yg peduli. perbaikan dan perubahan itu perlu karya nyata bung. punya rekomendasi langkah konkret utk menuju perbaikan itu?

12 12 2009
momentdesire

simposium gerakan mahasiswa nasional mungkin, penyatuan kembali visi yang telah hilang, setelah dekade 1998, mahasiswa kehilangan entitas jiwanya dalam berjuang yakni rakyat. maka diperlukan suatu pergerkaan dengan menyertakan rakyat di dalamnya, karena tidak lain, mahasiswa adalah seve official bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: