Kisah sebuah Jejaring???

12 11 2009

Jejaring Sosial???

Facebook, Myspace, Indoface, dan beribu macam jejaring lainnya. Bahkan ada website yang mengupayakan social update saja seperti Twitter. Nah dengan berbagai banyaknya banyak pula yang menawarkan produknya satu sama lain. Facebook, misalnya identik dengan status updatenya yang bisa dikomentarin, lalu catatannya, serta sharing fotonya ke sesama member lain. Myspace lebih dahulu ada, identik dengan komunitas musik didalamnya, sharing musik, sharing foto, dan pelbagai macam lainnya. Nah ini yang baru hadir di kancah Jejaring Mania Dunia!!! Indoface yang katanya situs buatan dalam negeri, kontennya dapat mengupdate status yang nantinya akan menotomatisasi Status di Twitter anda.

Dengan banyaknya situs-situs pertemanan tersebut maka konsumen hari ini seperti dimanjakan sekali, contoh orang akan mencari teman sebanyak-banyaknya, tapi juga berakibat negatif karena belum tentu juga teman yang didapatkan sesuai dengan temannya dia.

Beberapa negatif yang saya analisis terhadap makin menjamurnya situs-situs jejaring sosial tersebut antara lain:

  1. Dunia telah berubah, orang akan lebih menikmati ngobrol dengan bahasa chatting tanpa langsung tatap muka
  2. Model Pertemanan adalah dengan mengembangkan jaringan di dunia maya, yang akhirnya lupa dengan kepikukan dunia sebenarnya
  3. Orang akan lebih menjadi konsumtif
  4. Orang juga akan menjadi lebih anti sosial ketika mereka lebih senang dengan pelbagai chatting, browsing, update status, update foto, dan lainnya

Walaupun dari masing-masing produk jejaring itu, juga masih banyak portal-portal yang menyediakan ruang komunikasi sesorang dan kelompok.  Oleh karena itu mungkin Kaskus hadir. Disini User/pengguna dapat memanfaatkan ruang diskusi dari berbagai macam jenis ROOM, yang didalamnya ada politik, ekonomi, civitas akademika, dan lain-lain. Situs ini adalah asli milik Indonesia, tapi seperti yang saya ktakakan tadi, tidak melulu jaringan seperti ini yang isinya adalah kebanyakan orang akan memunculkan efek egatif. dari berbagai jejaring sosial Facebook, Indoface, Mysace. Kita dapat mempromosikan sesuatu atau juga dapat menhemat jasa sharing seperti video, foto yang dahulu lewat perantara jasa pos. Nah disini maka saya katakan Peran berbagai jejaring sosial ata portal adalah untuk mendekatkan kita satu sama lain, dan memanfaatkan hal-hal positif didalamnya. Banyak konten-konten yang dapat dimanfaatkan dan dapat digunakan untuk mengurangi biaya ekonomi kita sehari-hari.

Kegiatan positif itu antara lain :

  1. Mendekatkan kita satu sama lain dari jarak jauh
  2. Menghemat waktu, biaya, dan tenaga
  3. Arena berdiskusi

Dari berbagai macam itu, saya akhirnya mengikuti Twitter, Kaskus (yang notabene milik Indonesia, bangga donk), dan Facebook (untuik sharing foto-video dengan kawan-kawan).

Tak ada salahnya kita mengikuti atau sebagai konsumen mereka. Tetapi yang perlu diingat, Situs-Situs itu dibuat untuk mendekatkan kita dengan teman lain yang jauh jaraknyaaaaaaaaaaa, maka kita perlu berhati-hati dengan gaya hidup konsumerisme, yang nantinya bakal merusak kehiupan Anda juga. Bukannya malah menghemat, ehh malah memboroskan diri. Dan Hati-hati semua teman Anda bisa jadi bukan yang Anda benar-benar cari. Dan tak Lupa juga Jangan lupa untuk Membiaskaan diri kita dengan dunia yang ada sebenarnya, bukan dunia maya, karena dunia maya adalah ciptaan Manusia juga. Kehidupan akan begitu indah jika kita dapat menyeimbangkannya, dan semangat Sosial akan terus terjaga hingga Malam-Malam sesudahnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: